12 Februari 2009

Simulasi Mikrotik Router OS

Mikrotik :
Description : Router OS from Latvia, Rusia

Salam keren buat para Newbie Blogger

Berpijak pada pengalaman saya yang ingin mempelajari Router Mikrotik OS. Namun dengan keterbatasan dana dan alat yang saya miliki, maka sejenak saya berpikir dan sampai bermimpi bagaimana menggunakan satu komputer P3 yang saya miliki menjadi beberapa router board. lalu terbersitlah kata "Virtual", Akhirnya jurus Googling pun dilancarkan untuk mencari virtual PC. Didapatlah beberapa software yang saya cari. setelah saya coba semua software, didapatlah software yang competible dengan komputer P3 saya, Berikut ini hasil eksperimentku buat bikin simulasi PC router di PC sendiri.

Hardware :
Proccessor P3 600Mhz
HDD 10 Gb free Space
RAM 256 Mb
VGA 32 Mb

Software :
- Windows XP All Version

- VMware Workstation
untuk download VMware Workstation klik disini

- Mikrotik.iso (Plus crack juga boleh)
untuk download Mikrotik.iso klik disini

langkah - langkah :
1. Pastikan OS di PC kamu telah terinstall Windows XP.
2. Install VMware di PC kamu.
3. Betelah VMware, buat bebrapa Virtual Mechine disana.
4. Pastikan settingan setiap Virtual Mechine seperti berikut, karena untuk menghemat dan
menjaga agar PC kamu tetap stabil
- 1 Proccessor
- RAM 16 Mb
- HDD 1 Gb
- 1 atau lebih Ethernet (tergantung kebutuhan)
- 1 CD room
5. Buat Virtual Lan/teamnya juga. agar setiap Virtual Machine terhubung satu sama lain
6. Jalankan Mikrotik.iso di setiap CD room Virtual Machine
7. Setelah nge-Boot di setiap Virtual Machine silahkan install Mikrotiknya.
Instalasi Mikrotik telah selesai, semua Virtual Machine anda telah menjadi PC router. Untuk belajar setting mikrotik dan panduan lain mengenai mikrotik silakan download e-book nya disni

E-Book Mikrotik


"good Luck"


3 komentar: